Rabu, 20 Juli 2011

materi kuliah (Multimedia2)





MODUL 2
SWISHMAX
ANIMASI TEKS DAN ANIMASI GAMBAR
SwishMax merupakan aplikasi untuk membuat animasi flash seperti halnya
Macromedia Flash MX. Namun perbedaannya, SwishMax lebih mudah dalam
penerapannya dibandingkan dengan Flash MX. Tentu saja kemudahan itu akan
mengurangi ‘keluwesan’ para pengguna yang ingin berkreasi lebih dengan menggunakan
flash. Akan tetapi untuk para pemula, program SwishMax sudah lebih
dari cukup untuk membuat berbagai animasi flash apalagi kelengkapan fitur pada
SwishMax semakin ditambah. Kelebihan lainnya, bila sudah mahir menggunakan
SwishMax, dalam berkreasi lebih banyak pada Macromedia Flash MX akan lebih
mudah karena sudah memiliki dasar pada SwishMax.
Instalasi SwishMax
1. Jalankan file SetupSwishmax.exe dengan cara klik 2 kali file tersebut, sehingga
muncul gambar berikut:

2. Klik tombol Next, sehingga keluar form License Agreement, klik pilihan Yes,
sehingga muncul tampilan pilihan tempat untuk menginstall program ini
seperti pada gambar berikut:


3. Bila ingin menginstall ditempat lain tekan tombol Browse dan tentukan lokasi
menginstall. Bila ingin menginstall secara default pada direktori yang ada, tekan
tombol Next langsung, sehingga proses instalasi akan dilakukan. Bila proses
instalasi selesai akan keluar tampilan sebagai berikut:

4. Hilangkan centang pada Launch. kemudian tekan tombol Close. Selesai

Mengaktifkan SwishMax
Cara mengaktifkan SwishMax:
Klik menu Start → Programs → SwishMax → SwishMax, sehingga akan
muncul
tampilan awal dari SwishMax seperti di bawah ini.
Pilih pilihan Start a new empty movie untuk memulai dengan tampilan awal yang
kosong.

Main Menu merupakan menu pilihan utama dalam mengoperasikan SwishMax
diantaranya menu file, edit, view, insert, modify, control, tools, panels dan help.
Toolbar digunakan untuk mengakses menu-menu utama secara cepat yang terdiri
dari:
• Standar Toolbar → untuk pengoperasian file seperti new, open, save.
• Insert Toolbar → untuk memasukkan objek seperti scene, text, image.
• Control Toolbar → untuk mengontrol scene seperti play, stop, play scene.
• Grouping Toolbar → untuk menggabungkan objek seperti Group as Group.
• Export Toolbar → untuk mengekspor scene seperti Export to Swf.
Tools merupakan perintah (command) yang akan menentukan apa yang akan
dilakukan Swish saat proses click atau drag pada workspace. Perintah itu antara
lain select, line, pencil dan lain-lain.
Mengatur Scene
Saat pertama kali membuat project, sebaiknya atur dahulu scene-nya dan
disesuaikan dengan scene yang kita harapkan. Diantara beberapa hal yang harus
diatur antara lain:

1. Mengatur ukuran scene
Untuk mengatur scene dapat dilakukan dengan cara mengubah nilai dari
Width
dan Height dalam satuan pixels

2. Mengubah background scene
Untuk mengubah background color scene dengan cara mengubah warna
default background (putih) menjadi sesuai pilihan.
3. Mengubah Frame Rate
Untuk mengubah frame rate dapat dilakukan dengan cara mengubah nilai
frame rate dalam satuan fps.

4. Untuk memberhentikan animasi saat sampai diakhir, dapat dilakukan dengan
cara mencentang pilihan Stop Playing at the end of movie

Membuat Animasi Teks
1. Klik menu Insert → Text, dan ganti tulisan teks tersebut menjadi
praktikum Multimedia / yang lain terserah anda

2. Atur model font, ukuran, dan warna font di jendela properties yang ada.
3. Klik kembali menu: Insert → Text, dan buat tulisan/teks yang kedua yaitu
Komputerisasi Akuntansi. Hingga di Layout Panel terdapat dua kalimat yang tertata
sebagai berikut.

4. Untuk memberikan efek animasi, klik teks yang pertama. Kemudian klik kanan,
klik menu Effect → Core Effect → Transform. Durasi efeks transform secara
default selama 20, untuk mengubahnya bisa diatur pada properties dengan cara
klik kanan pada efek tersebut.


5. Dengan prosedur yang sama, teks yang kedua diberi efeks squeeze, dengan
cara klik teks yang kedua. Kemudian klik kanan, pilih menu: Effect →
Core Effect → Squeeze

6. Untuk melihat hasilnya, klik menu Control → Play Movie
7. Agar file yang dibuat dapat digunakan untuk keperluan lainnya seperti untuk
keperluan pembuatan media pembelajaran maupun website, maka file tersebut
harus di eksport terlebih dahulu, dengan cara klik menu File → Export → SWF … → File Name: 3nimterakhir→ Save

Membuat Animasi Gambar
1. Klik menu: File → New
2. Dengan menggunakan tools ellipse, buatlah gambar lingkaran. Untuk
mengubah atribut lingkaran seperti warna isi maupun folder bisa diatur pada
properties.

3. Langkah selanjutnya membuat animasi pada gambar lingkaran tersebut dengan

cara klik objek lingkaran, kemudian klik tools
Motion Path dan Gerakkan
mouse dengan cara tekan dan jalankan kemudian klik pada setiap pergerakan
yang diinginkan. Berikut ini contoh pergerakan (motion path) dari objek bola
tersebut.

4. Bila motion path-nya sudah dibuat, maka timeline akan terlihat seperti pada
gambar berikut. Jumlah perpindahan tergantung banyaknya proses ‘klik’ saat
melakukan motion path sebelumnya.

5. Untuk melihat hasilnya, klik menu Control → Play Movie
6. Agar file yang dibuat dapat digunakan untuk keperluan lainnya seperti, maka
file tersebut harus di ekspor terlebih dahulu, dengan cara klik menu
File →
Export → SWF … → File Name: animasiB → Save


TUGAS PRAKTIKUM
Petunjuk:
Tugas dikumpulkan melalui upload di server dengan ketentuan sebagai berikut:
- Dipaket dalam bentuk rar atau zip
- Paket berisi file swish (swi) dan flash (swf)
- Format penamaan file paket TUGAS1NIM con: TUGAS108MI000
Dengan memanfaatkan animasi teks dan animasi gambar, buatlah heading
(judul) yang berisi informasi sebagai berikut.
- Program Studi
- Nama
- Kelas
- NIM
Nb:
- Jika perlu tambahkan informasi lainnya,boleh memakai tambahan software
xara webstyle 3.0
- Untuk memperindah hasil, manfaatkan secara maksimal efek, warna
serta atur timeline secara bijak.

Penulis Finna Suroso

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar